Yoot Yoot Udah tau kan pengertian dan
manfaat dari Pemasaran Online??
Nah sekarang ada sedikit cara atau
tips nih buat yang baru mau terjun ke Pemasaran Online… Langsung aja nih.
Aktivitas online menjadi salah satu bagian yang tak
terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat dunia, termasuk di Indonesia.
Melihat kondisi itu, para pebisnis mau tak mau harus mengikuti jejak gaya hidup
masyarakat modern, agar pangsa pasar yang mereka kuasai tetap bertahan, atau
bahkan bertambah. Saat ini, dalam pemasaran di dunia maya, setidaknya ada enam
jenis strategi marketing yang banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk meraih
konsumen, yaitu:
1.
Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet
berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka
butuhkan. Nah, strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon
konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen.
Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya.
Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang
dijalankan. Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar
tampil cantik dan menarik.
2.
Mobile Marketing
Salah satu strategi pemasaran di dunia maya yang
sedang ngetrend adalah Mobile Marketing. Mobile marketing adalah strategi
pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang sering berinternet
menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus
mendesain ulang website bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses
dengan gadget mobile. Menurut data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah
kosumen yang membeli produk lewat ponsel mencapai 30-40%.
3.
Continuous Marketing
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter
menjadi jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran
berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain
itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data,
misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep
produk bisnis yang diinginkan konsumen.
4.
Integrated Digital Marketing
Integrated digital marketing adalah strategi
pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya
digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas
pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya
harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang
bervariatif.
5.
Visual Marketing
Kata pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000
kata. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang
dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat ini, visual marketing menjadi
semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing,
seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat
gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses
menjalani strategi pemasaran visual.
6.
Personalized Marketing
Personalized Marketing atau juga biasa disebut
dengan istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan
mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan
untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized
marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang
menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user,
baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan
sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun, untuk
melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh toko
online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan strategi
Personalized Marketing.
Tuh gan Resep-nya!!
Sikatttt
Sumber : http://www.kaskus.co.id/post/5624ecf69e740471338b4567#post5624ecf69e740471338b4567
No comments:
Post a Comment