Pages

Friday 12 October 2018

KAITAN ANTARA ILMU BUDAYA DASAR DENGAN ILMU EKONOMI


Nama : Achmad Adji Santoso
Npm : 10218068
Kelas : 1ea04


·        PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
            Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
            Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humnaitiesm yang berasal dari isitlah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istiliah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan sesorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
            Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahuu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu:
1.      Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Contohnya adalah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran dan mekanika.
2.      Ilmu-ilmu Sosial (social science)
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Tetapi hasil penelitiannya tidak mungkin 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Contohnya ilmu ekonomi, sosiologi, politik, psikologi, antropologi social, sosiologi hukum, dsb.
3.      Pengetahuan Budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencaei arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengetahuan budaya (The Humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll.

·        PENGERTIAN ILMU EKONOMI
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Ingg: scarcity).
            Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.


·        HUBUNGAN ANTARA ILMU BUDAYA DASAR DENGAN ILMU EKONOMI 
                 Adapun hubungan antara ilmu budaya dasar dengan ilmu ekonomi adalah terletak pada faktor manusia. Berdasarkan pengertian ilmu budaya dasar diatas, dijelaskan bahwa ilmu budaya dasar memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Sementara itu ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Jika ditelisik lebih jauh, kedua pengertian tersebut saling berkorelasi. Maksudnya, kita bisa mempelajari perilaku manusia untuk mendapat kemakmuran di ilmu ekonomi berdasarkan konsep yang kita pelajari terlebih dahulu di ilmu budaya dasar.
                   Atau jika dipersempit lagi, ilmu ekonomi atau manajemen mencoba  mencapai tujuan dengan orang lain. Dengan sebelumnya mempelajari ilmu budaya dasar yang mana memberikan khazanah pengetahuan dasar yang berkaitan dengan bagaimana perilaku manusia, maka perencanaanm pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan dari tiap-tiap aktivitas manajemen dapat berjalan dengan lebih lancar. Keduanya (red: ilmu ekonomi dan ilmu budaya dasar) bukan merupakan ilmu pasti, ilmu ekonomi atau manajemen disini lebih mengenai manfaat atau materi yang berisfat bisnis, sedangkan ilmu budaya dasar lebih luas lagi yang tak hanya terbatas pada pemenuhan kebutuhan materi. Hubungan ilmu budaya dasar dan ilmu ekonomi itu saling berkaitan satu sama lain. Ilmu budaya dasar tidak bisa lepas dari keterkaitan ilmu ekonomi yang mungkin berfungsi sebagai pelengkap dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi. Keduanya sama-sama berguna dan berfokus pada kehidupan manusia serta dalam memutuskan suatu keputusan yang terbaik dalam mengatasi masalah-masalah yang berfokus pada manusia.

Contoh :
Batik Indonesia memiliki keunikan yang tidak ditemukan di negara lain. Keunikan itu terletak pada penggunaan malam atau campuran sarang lebah, lemak hewan, dan getah tanaman dalam pembuatannya. Motif batik semakin berkembang dengan adanya hasil karya desainer yang terus bertambah jumlahnya. Batik bagi masyarakat Jawa, memang bukan hanya sebuah kain bercorak, tetapi juga penggambaran filosofi kehidupan dan warisan budaya leluhur yang harus dijaga.

Batik memang identik dengan Indonesia, tetapi bukan berarti negara lain tidak bisa memproduksinya. Negara tetangga kita, seperti Malaysia, Singapura, bahkan China juga memproduksi batik dengan motif yang cukup beragam. Hal itu ternyata tidak membuat pengakuan dunia internasional terkait batik Indonesia memudar.

Batik Indonesia akhirnya secara resmi dimasukkan dalam 76 warisan budaya tak benda oleh UNESCO. UNESCO memutuskan untuk menjadikan batik Indonesia sebagai salah satu daftar warisan budaya pada 8 September 2009. Pada 2 Oktober di Abu Dhabi, UNESCO mengumumkan hasilnya sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia. Pengakuan UNESCO terhadap batik Indonesia melalui proses panjang dan berliku.

Upaya pemerintah mendaftarkan berbagai warisan budaya Indonesia guna mendapat pengakuan dunia internasional terus memperoleh hasil signifikan. Batik Indonesia dinilai sarat dengan teknik, simbol, dan budaya yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia mulai dari lahir sampai meninggal. Kekayaan ragam batik yang datang dari beberapa wilayah dan provinsi, menjadi bukti bahwa Indonesia layak menjadi sumber budaya di mana batik tumbuh dan berkembang.

Dengan adanya pengukuhan Batik Indonesia tersebut, tentu juga akan mempengaruhi nilai budaya dan nilai ekonomi terhadap Bati Indonesia dan terhadap Budaya Bangsa Indonesia sendiri.




sumber :
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-ilmu_budaya_dasar.htm
https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_ekonomi
http://finanewbie.blogspot.com/2016/09/hubungan-ilmu-budaya-dasar-dengan-ilmu.html
http://perasusantilumbanraja.blogspot.com/2015/10/hubungan-ilmu-budayadasar-ekonomi.html

No comments:

Post a Comment