Pages

Monday 19 October 2015

Kelebihan dan kekurangan Pemasaran online



Setelah Mengetahui pengertian Pemasaran Online…
Sekarang, kita coba cari tau Kelebihan & Kekurangan dari Pemasaran Online itu Sendiri.
Oke langsung ae, Checkt it out!
1.   Murah dan efisien
Untuk dapat membuka toko secara fisik akan membutuhkan modal jutaan rupiah, hal ini berbeda dengan modal yang diperlukan untuk membuat toko online hanya ratusan ribu rupiah, bahkan saat ini sudah banyak fasilitas di internet yang dapat kita manfaatkan untuk membuka toko online dengan gratis. Selain itu biaya operasional toko online hanya pada biaya akses internet tanpa perlu karyawan.

2.  Tidak terbatas oleh waktu
     Pemasaran online melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen kapan saja selama ada jaringan internet.

3.  Jangkauan lebih luas
     Pemasaran online melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, produk dapat diinformasikan hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri.

4.  Mendapatkan nilai ‘plus’ dari konsumen
     Dengan memakai strategi pemasaran online melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada.

5.  Menghemat uang
     Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran online melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll.

6.  Lebih dekat dengan konsumen
     Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internet dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui kotak saran atau ruang komentar, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen juga dapat meningkat.

Piye bro? Muantep kan? Tapi…. Ada tapi nya neh.. Setiap Kelebihan pasti ada kekurangan neh bro.. kira kira apa ya kekurangan pemasaran online?

Pemasaran online juga memiliki kekurangan, yaitu:
1.  Mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
2.  Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapat menjadi hambatan
3.  Konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian
4.  Adanya penipuan dalam penjualan secara online.

Gimana?? Ada niatan buat coba memulai usaha ‘berbau’ online kah?

No comments:

Post a Comment